Senin, 21 Oktober 2019

5 Fakta Menarik Soal Grab dan Go-Jek Sebagai Perusahaan Transportasi


Saat ini transportasi di Indonesia berkembang dengan pesat. Untuk mendapatkan transportasi seperti yang diharapkan tidak sesulit dahulu dimana harus ke pangkalan ojek atau ke halte. Hal itu dikarenakan saat ini sudah ada transportasi online seperti Go-Jek dan Grab yang mampu melayani Anda kapan pun dan dimana pun. Tidak hanya layanan ojek online saja yang bisa Anda dapatkan, namun beberapa layanan menarik lainnya juga akan didapatkan seperti layanan antar makanan seperti Go-Food dan Grab Food, dan masih banyak lagi lainnya. Dibalik kesuksesan Go-Jek dan juga Grab sebagai perusahaan transportasi terkemuka di Indonesia, ada beberapa fakta menarik yang belum banyak diketahui seperti berikut ini:

5 Fakta Menarik Soal Grab dan Go-Jek Sebagai Perusahaan Transportasi

Tidak Mendapatkan Respons Baik di Awal

Fakta menarik soal Grab dan Go-Jek yang pertama adalah tidak mendapatkan respons baik di awal pendiriannya.  Sebenarnya aplikasi transportasi berbasis online sudah ada sejak tahun 2010 ini, namun belum banyak masyarakat yang belum mempercayai kinerja transportasi yang bisa di booking secara online ini. Karena masyarakat merasa aneh dengan transportasi berbasis online, banyak yang meremehkan keberadaannya sehingga jumlah permintaan masih sedikit. Mitra driver saat itu pun masih bisa dihitung dengan jari.

Protes dari Ojek Konvensional

Kemunculan Grab dan Go-Jek yang populer saat itu menciptakan pro dan kontra. Tindakan kontra yang sangat jelas terlihat muncul dari ojek konvensional yang melakukan demo ke transportasi online tersebut. Tindakan kurang menyenangkan pun sering diterima oleh mitra Go-Jek dan Grab seperti dihadang di tengah jalan. Kemudian yang paling parah adalah jaket perusahaan di bakar secara sadis.

Memiliki Banyak Pesaing

Semua tantangan yang dihadapi saat awal berdiri mampu mereka atasi dengan baik, namun tantangan bisnis tidak berhenti sampai di sana saja. Di masa berjaya pun kedua perusahaan transportasi tersebut harus menghadapi banyak pesaing yang mencontoh model dan konsep bisnis yang mereka miliki seperti blu-jek, lady-jek, dan masih banyak lagi lainnya. Meski begitu yang berdiri di awal dan sejak awal akan tetap berada di hati masyarakat terlebih lagi kedua jasa transportasi online ini terus meningkatkan kualitas layanannya sehingga mereka terlihat semakin menarik di mata masyarakat. Yang membuat mereka bisa bertahan sampai saat ini karena mereka sudah banyak masyarakat yang percaya dan nyaman menggunakan kedua jasa transportasi tersebut.

Layanan dan Promo yang Menarik

Meski awalnya hanya digunakan untuk alat transportasi yang ada di Indonesia, seiring dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat, Go-Jek dan Grab semakin memperluas layanannya. Misalnya saja adalah Go-Jek kini menambah layanan berupa pemesanan tiket, layanan kecantikan, pijat, dan juga bersih-bersih rumah. Sedangkan untuk Grab yang paling menarik adalah promonya sehingga masyarakat bisa mendapatkan biaya yang lebih murah dibandingkan dengan harga normal.

Di Desak Menjadi Perusahaan Transportasi

Setelah di desak oleh Kemenhub atau Kementerian Perhubungan, Go-Jek dan juga Grab sepakat untuk berubah menjadi transportasi. Kemenhub mengungkapkan bahwa kedua aplikasi Go-Jek dan Grab ini jangan hanya memposisikan diri sebagai aplikator saja namun lebih dari itu.  Berubahnya status aplikator Go-Jek dan Grab menjadi perusahaan membuat posisi hubungan antara driver dan aplikator tidak hanya sebatas mitra namun hubungannya adalah perusahaan dan juga karyawan. Status perubahan tersebut diwajibkan oleh Kemenhub karena mereka belum memiliki peraturan khusus mengikuti aturan yang dikeluarkan oleh Kemenhub.  Hal itu membuat mitra pengemudi yang menanggung beban dari aturan angkutan umum, sehingga melihat hal-hal tersebut Go-Jek dan Grab harus berubah menjadi perusahaan transportasi.

SERA ASTRA sebagai salah satu perusahaan yang juga melayani jasa transportasi turut serta berkontribusi untuk masyarakat indonesia melalui beberapa jasa antara lain layanan rental kendaraan (mobil, motor hingga bus) , layanan lelang mobil dan masih banyak lagi. Tentunya dengan adanya layanan rental kendaraan akan sangat membantu para driver transportasi online untuk mendapatkan kendaraan yang dapat digunakan untuk menunjang pekerjaan. Kunjungi website SERA ASTRA berikut ini untuk mengetahui layanan lainnya yang diberikan : https://www.sera.astra.co.id