Jumat, 15 November 2019

Gejala Penyakit Ginjal, Berikut 8 Faktor Penyebabnya

Manusia normalnya memiliki 2 buah ginjal yang ada di dalam tubuh, nantinya organ tersebut akan bekerja untuk menyaring darah dari komponen-komponen yang tidak dibutuhkan oleh tubuh, sehingga nantinya dapat dibuang dalam bentuk urine. Hanya saja tidak dapat dipungkiri jika seandainya organ tubuh yang satu ini juga paling rentan mengalami kerusakan, apalagi ketika sudah memasuki usia lanjut. Bahkan faktanya sendiri banyak orang yang terkadang tidak menyadari gejala penyakit ginjal yang sudah mereka alami, seperti diantaranya adalah sering buang air kecil, keberadaan darah di dalam urine, nyeri punggung hingga rasa sakit saat uang air kecil.

Kondisi-kondisi semacam inilah yang harus diwaspadai dan paling tidak Anda juga harus mendapatkan pengobatan sehingga tidak bertambah serius masalahnya. Mengingat jika seandainya kerusakan yang dialami sudah parah, maka organ ginjal juga tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya, bahkan membuat penderitanya harus rutin melakukan hemodialisa atau cuci darah secara rutin, jadi nantinya bisa tetap melanjutkan hidup.

Gejala Penyakit Ginjal, Berikut 8 Faktor Penyebabnya

Penting bagi Anda untuk mengetahui sebenarnya faktor apa saja yang dapat memicu terjadinya kerusakan atau masalah pada ginjal ini, diantaranya adalah:

  1. Penyumbatan, faktor yang paling sering terjadi adalah penyumbatan seperti dari pembekuan darah atau plak yang disebabkan oleh kolesterol, bekas luka yang ada pada ginjal, terbentuknya batu ginjal dan juga sejenisnya. Kondisi-kondisi semacam ini biasanya juga masih bisa diobati dengan langkah penanganan medis.
  2. Sering memakai obat penghilang rasa sakit dan juga pemakaian antibiotik yang tidak cocok, pada orang-orang yang sering mengonsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit, seperti diantaranya nyeri atau sakit kepala sedikit langsung minum obat padahal sebenarnya tidak perlu dan sejenisnya, maka lama kelamaan akan menyebabkan terjadinya peradangan pada ginjal, hingga kondisi yang paling parah bisa memicu gagal ginjal.
  3. Penyalahgunaan narkoba, jangan salah efek atau dampak buruk dari narkoba ini sendiri sangatlah banyak, salah satu diantaranya adalah menyebabkan kerusakan ginjal, jika dipakai dalam jangka waktu panjang.
  4. Peradangan, peradangan yang terjadi pada ginjal ini bisa terdapat pada beberapa bagian, seperti diantaranya adalah glomerulus, peradangan yang berlangsung dalam jangka waktu lama dan tidak segera diobati bisa menyebabkan kondisi yang semakin serius, sebut saja diantaranya adalah gagal ginjal, peradangan yang terjadi pada ginjal juga mungkin saja disebabkan oleh infeksi bakteri.
  5. Riwayat penyakit ginjal dari keluarga, istilahnya adalah genetik, karena faktanya jika Anda memiliki keluarga yang pernah menderita gangguan ginjal dan sifatnya kronis, maka kemungkinan besar nantinya penyakit tersebut juga akan menurun pada Anda. Untuk itukah jika seandainya memiliki faktor resiko, alangkah baiknya rutin melakukan medical checkup.
  6. Lahir secara prematur, bayi yang lahir kurang dari 32 minggu atau prematur kemungkinan besar nyatanya juga bisa saja mengalami gangguan pada ginjal di kemudian hari.
  7. Usia, nyatanya faktor usia sendiri juga menjadi salah satu hal yang sering kali dialami, karena organ-organ tubuh telah mengalami degenerasi.
  8. Terkena penyakit-penyakit tertentu, misalnya adalah tekanan darah tinggi, diabetes melitus, kanker, AIDS, Hepatitis C maupun gagal jantung, semuanya akan menyebabkan kompilasi dengan organ ginjal ini.

Untuk itu patut diwaspadai, jika mulai terasa gejala penyakit ginjal ada baiknya bagi Anda untuk segera melakukan pengobatan, sehingga tidak bertambah serius. Mulailah menerapkan pola hidup sehat untuk menjaga kesehatan organ penyaring darah tersebut.